Kamis, 09 September 2010

Misteri Dunia: Batu Bergerak di Death Valley

Teka-teki yang tidak bisa dipecahkan NASA
Ada salah satu misteri dunia yang paling membingungkan di California, batuan bergerak of Death Valley. Batu-batuan, yang beratnya lebih dari 700 pon menciptakan jejak yang aneh dan misterius di danau kering di Death Valley.

Kadan bebatuan itu bergerak berpasangan
Batuan bergerak ditemukan di sebuah danau kering yang dikenal dengan Racetrack Playa terletak di bagian utara Pegunungan Panamint di Taman Nasional Death Valley, California, Amerika.

Bahkan ada jejak tanpa batu
Batuan ini terlihat di danau yang telah kering dan meninggalkan jejak. Yang aneh tak seorang pun tahu bagaimana mereka bergerak, karena tidak dibawa oleh arus sungai, atau dengan longsoran dari gunung terdekat, atau dilempar oleh makhluk hidup di sekitarnya. Beberapa batu mempunyai berat lebih dari 700 kilogram. Ini bukan batu buatan manusia yang diangkut dari jarak jauh dan meninggalkan jejak yang tergores dari waktu ke waktu dan Anda dapat melihat beberapa gambarnya di sini.

Racetrack di siang hari
Tidak ada yang tahu bagaimana batu-batu tersebut dipindahkan dan oleh pengaruh kekuatan apa mereka dapat bergerak. Batuan ini telah dikaji lebih dari sembilan dekade dan tidak seorangpun yang melihat batu bergerak.

Batu ini ditemukan di Racetrack, tetapi juga terlihat di danau yang lain, hanya saja batu yang berada di Racetrack lebih jelas daripada yang lain. Belum ada rekaman video atau film yang menunjukkan pergerakan batuan tersebut sejauh ini. Ada banyak sekali batu bergerak yang membuat jejaknya sendiri.

Panorama Racetrack di malam hari.
Para peneliti telah mencatat bahwa batu bergerak di Racetrack bergerak sekali setiap dua atau tiga tahun dan mereka meninggalkan jejak yang bertahan selama tiga atau empat tahun. Batu dengan permukaan kasar membuat trek lurus yang hampir bergaris sedangkan yang permukaannya mulus akan meninggalkan jejak di sepanjang jalan. Dalam beberapa kasus, batu terbalik dan menciptakan jejak dengan ukuran yang berbeda dari sebelumnya.