Senin, 30 Agustus 2010

Mengubah Label Blogger Menjadi Page

Sejak Blogger meluncurkan fitur Pages (Laman), saya ingin menambahkan label pada menu 'Pages', cara ini efektif digunakan untuk menciptakan sebuah mini-blog dengan artikel yang memiliki label tertentu. Widget asli tidak mempunyai opsi ini. Saya telah melihat beberapa blog berbasis Blogger memiliki sesuatu seperti ini, tapi tak seorang pun tampaknya tahu persis bagaimana melakukannya. Jadi saya memutuskan untuk mencobanya sendiri, dengan melihat kode template HTML.

Ternyata ini tidak sulit. Halaman widget sebenarnya merupakan sebagian kecil kode yang melakukan loop melalui halaman statis yang Anda buat dan menghasilkan daftar hyperlink ke mereka. Yang harus Anda lakukan adalah menambahkan item Anda sendiri ke daftar ini dan widget akan menyesuaikannya. Anda dapat menambahkan sesuatu di sini cukup banyak, misalnya Anda dapat memuat artikel blog atau link ke profil Google Anda.

Seperti biasa, pastikan untuk back-up template Anda sebelum membuat perubahan. Centang kotak "Expand Template Widget" untuk mulai mengedit template HTML. Cari baris berikut yang menandai awal widget 'Pages':

<b:widget id='PageList1' locked='false' title='Pages' type='PageList'>

Anda dapat memasukkan link Anda sendiri setelah menutup kode utama loop, yaitu setelah <baris / b:> loop. Misalnya, untuk menambahkan halaman label di sini Anda memerlukan kode berikut:

<b:if cond='data:blog.pageTitle == &quot;Diggizone: Aneh&quot;'> 
<li class='selected'><a href='http://diggizone.blogspot.com/search/label/Aneh?max-results=7?max-results=7' title='Aneh'>Aneh</a></li> 
<b:else/> 
<li><a href='http://diggizone.blogspot.com/search/label/Aneh?max-results=7?max-results=7' title='Aneh'>Aneh</a></li> 
</b:if>

Tentu, teks yang dicetak miring harus diganti dengan nama label dan blog Anda sendiri. Kode ini juga menyoroti judul halaman ketika kursor mouse berada di atasnya. Sebagai alternatif, cukup menggunakan kode di bawah ini, terutama jika template Anda bukan bawaan Blogger:

<li><a href='http://diggizone.blogspot.com/search/label/Aneh?max-results=7?max-results=7' title='Aneh'>Aneh</a></li> 
</b:if>