Senin, 30 Agustus 2010

Cara Mempercepat Pengindeksan Search Engine

Saat ini pengguna tidak hanya melakukan pencarian informasi dari sumber yang terpercaya tetapi juga mencari konten yang segar. Itulah sebabnya mengapa beberapa tahun terakhir, mesin pencarian telah bekerja tentang cara untuk mempercepat proses pengindeksan mereka. Beberapa bulan yang lalu, Google telah mengumumkan selesainya sistem pengindeksan baru mereka yang disebut Kafein yang menjanjikan hasil indeksasi lebih segar dan lebih cepat.

Dibandingkan degan masa lalu, proses pengindeksan telah menjadi jauh lebih cepat. Namun demikian, banyak webmaster masih menghadapi masalah pengindeksan baik ketika mereka meluncurkan website baru atau bila mereka menambahkan halaman baru. Pada artikel ini kita akan membahas 5 teknik SEO sederhana yang dapat membantu Anda mempercepat indeksasi situs Web Anda.

1. Tambahkan link di situs Web lalu lintas tinggi

Hal terbaik yang dapat Anda lakukan dalam situasi seperti ini adalah untuk meningkatkan jumlah link yang mengarah ke situs Anda atau ke halaman yang ingin Anda indeks. Jumlah link masuk dan PageRank dari domain, mempengaruhi secara langsung baik jumlah halaman yang diindeks dari situs web dan kecepatan indeksasi.

Sebagai hasilnya dengan menambahkan link pada Web yang mempunyai  lalu lintas yang tinggi dapat mengurangi waktu pengindeksan Anda . Hal ini karena banyak link halaman yang diterima, semakin besar probabilitas untuk diindeks. Jadi, jika Anda menghadapi masalah pengindeksan pastikan Anda menambahkan link Anda di blog Anda, posting thread di forum yang relevan, menulis siaran pers atau artikel yang berisi link dan menampilkan mereka ke beberapa situs. Selain itu media sosial dapat menjadi alat yang berguna dalam situasi seperti itu, meskipun fakta bahwa di sebagian besar terdapat kasus nofollowed link. Telah diketahui bahwa meskipun mesin pencari utama mengklaim bahwa mereka tidak mengikuti link nofollowed.

2. Gunakan Sitemaps XML dan HTML

Secara teoritis Search Engine dapat mengekstrak link dari halaman dan mengikuti mereka tanpa perlu bantuan Anda. Namun sangat disarankan untuk menggunakan XML atau HTML Sitemaps karena terbukti bahwa mereka dapat membantu proses indeksasi. Setelah menciptakan XML Sitemaps memastikan Anda mengirimkan mereka ke konsol Webmaster dari berbagai mesin pencari dan memasukkan mereka dalam robots.txt. Jadi, pastikan Sitemaps Anda up-to-date dan kirimkan kembali mereka ketika Anda memiliki perubahan besar di website Anda.



3. Perhatikan Struktur Link Anda

Struktur link sangat penting untuk SEO karena dapat mempengaruhi peringkat Anda, distribusi PageRank dan indeksasi tersebut. Jadi jika Anda menghadapi masalah pengindeksan, periksa struktur link Anda dan pastika bahwa halaman terhubung dengan benar. Juga pastikan bahwa situs Anda tidak memiliki duplikat konten yang dapat mempengaruhi jumlah halaman yang bisa diindeks dan periode rata-rata crawl.

Sebuah metode yang baik untuk mencapai indeksasi lebih cepat dari sebuah halaman baru adalah dengan menambahkan link langsung dari situs Anda. Akhirnya jika anda ingin meningkatkan jumlah halaman yang diindeks, pastikan Anda memiliki struktur link seperti pohon dalam situs web Anda dan halaman yang penting Anda tidak lebih dari 3 klik dari halaman beranda (aturan Tiga-klik).

4. Mengubah kecepatan crawl

Cara lain untuk mengurangi waktu indeks di Google adalah untuk mengubah kecepatan crawl dari Google Webmaster Tools Console. Mengatur kecepatan crawl ke "cepat" akan memungkinkan Googlebot untuk menjelajah halaman lebih cepat tapi sayangnya hal itu juga akan meningkatkan lalu lintas yang dihasilkan pada server Anda. Hal ini karena kecepatan crawl maksimum yang diperbolehkan adalah kira-kira 1 permintaan setiap 3-4 detik (atau 0,5 permintaan per detik dan 2 detik jeda antara permintaan).

Setting kecepatan crawl di Webmaster Tools

5. Gunakan alat yang tersedia

Mesin pencari utama menyediakan berbagai alat yang dapat membantu Anda mengelola website Anda. Bing menyediakan Anda dengan Toolbox Bing, Google mendukung Google Webmaster Tools dan Yahoo menawarkan Yahoo Site Explorer. Dalam semua di atas konsol Anda dapat mengelola pengaturan indeksasi dari situs web Anda dan Sitemaps yang Anda kirimkan. Pastikan bahwa Anda menggunakan semuanya dan bahwa Anda secara teratur memonitor situs Anda untuk peringatan dan kesalahan. Juga kirim ulang atau lakukan ping ke layanan sitemap mesin pencari saat Anda membuat perubahan besar pada website Anda. Sebuah alat yang baik yang dapat membantu Anda mempercepat proses ping adalah Site Submitter, namun sangat dianjurkan agar Anda menggunakan juga alat resmi dari setiap mesin pencari.

Jika Anda mengikuti semua tips di atas dan Anda masih menghadapi masalah pengindeksan maka Anda harus memeriksa apakah situs web Anda dilarang dari mesin pencari, apakah situs Anda dikembangkan dengan teknik Search Engine Friendly, apakah Anda telah membuat kesalahan SEO serius (misalnya blok mesin pencari dengan menggunakan robots.txt atau meta-robot dll). Cara yang baik untuk mendeteksi kesalahan tersebut adalah dengan menggunakan alat Web SEO Analisis yang memberikan diagnosa rinci. Akhirnya sebagian besar mesin pencari utama memiliki kelompok khusus dan forum di mana Anda dapat mencari bantuan, jadi pastikan Anda mengunjungi mereka dan posting pertanyaan Anda.